Saturday, March 26, 2016

Zig Ziglar

BY biophia@gmail.com IN No comments


Penulis kenamaan Amerika

“Bisnis artinya mampu mengatur aliran kas dengan baik, bukan gali lubang tutup lubang”

Mengapa para pebisnis sukses selalu menasihatkan, agar kita bisa menjaga aliran arus kas? Karena tanpa keteraturan kas, suatu bisnis tidak akan berumur panjang. Berbisnis berarti membuat sebanyak mungkin uang kita “Berputar”. Disitu periode, kas boleh saja menipis karena lebih banyak uang yang dikeluarkan untuk bekerja mencari keuntungan di luar sana, Nah, kita harus bisa mengatur pada periode kapan uang-uang itu bisa mengalirkan hasil keuntungan yang dicari tadi. Idealnya, itu bisa masuk saat kita harus memenuhi kewajiban jatuh tempo. Misalnya, gaji karyawan, membayar supliyer, dan segala kebutuhan fixed cost (Biaya Tetap) yang mesti deipenuhi pada waktunya.

Kita tak bisa membayangkan bila semua sudah jatuh tempo, tapi tidak ada uang kas yang tersedia untuk memenuhi itu semua. Bisnis kemudian macet, kepercayaan relasi terhadap kita perlahan mulai menipis, dan berbagai peluang yang mestinya bisa ditangkap akan hilang begitu saja. Berarti itu sama saja dengan kita sedang menggali lubang kubur bagi kelangsungan bisnis yang digeluti.

Prinsip pertama yang harus dipegang dalam mengelola aliran arus kas adalah, keteraturan,. Teratur berarti mengalir lancar pada waktu-waktu yang sudah direncanakan. Jangan dulu lebih mengutamakan besarnya arus yang mungkin masuk. Lebih baik sedikit asal lancar. Ketimbang banyak justru tersendat-sendat. Kelancaran aliran arus kas membuat kita lebih cermat mengelola setiap risiko sampai pada tahap kita melipatkan keuntungan.

0 komentar:

Post a Comment