Thursday, March 17, 2016

Aristoteles Onassis

BY biophia@gmail.com IN No comments


Pebisnis dunia dan pendiri olimpic airlines

“bila tidak punya uang, pinjamlah. Tapi pinjamlah sesuai yang anda butuhkan, dan usahakan membayarnya dengan cepat”

Kenapa orang-orang kaya relatif berhasil melunasi utang-utang meraka, tanpa harus pusing tuju keliling memangkas penghasilannya? Jelas, karena mereka tahu kenapa jalan berhutang harus ditempuh. Utang tidak mereka gunakan untuk memenuhi keinginan konsumtifnya. Sederhananya, mereka berutang bukan karena ingin membeli “ini” atau menikmati “itu”. Utang mereka gunakan untuk melakukan sejumlah hal yang akan mendatangkan uang lebih banyak. itulah yang disebut utang produktif. Jadi, kalau hanya sekedar untuk membayar cicilannya, orang-orang kaya itu jelas tidak akan bingung. Karena, hanya sedikit keuntungan usaha yang dialokasikan untuk membereskan itu setiap bulannya. Dan karena itulah mereka bisa membayar utang-utangnya lebih cepat.

Melalui prinsip Onassis tersebut , kita bisa belajar memahami utang dengan lebih bijaksana. Buat apa berutang kalau hanya digunakan untuk membeli kesenangan-kesenangan yang sebetulnya belum kita butuhkan, atau setidak-tidaknya belum cocok kita nikmati. Pola berpikir demikian hanya akan membuat kita pusing setiap bulan. karena harus menyisihkan sejumlah penghasilan yang diperoleh untuk menyicil uang tadi. Pesannya Cuma satu, berutanglah hanya untuk hal-hal yang produktif.

Semakin lama kita berupaya melunasi utang, maka selama itu pula hidup kita merana. Berpikirlah dan bertindaklah seperti orang-orang kaya. Utang tidak membuat mereka merana. justru malah utang yang memperbesar peluang mereka untuk mengeruk lebih banyak lai keuntungan dalam berbisnis. 

0 komentar:

Post a Comment