Thursday, June 23, 2016

Tau Gak Sih? Ada 4 Jenis Alat Pembantu Menstrulasi Wanita Lho!

BY biophia@gmail.com IN No comments


Sumber: Google Image

Yang selama ini kita tahu hanyalah pembalut dengan jenis sayap maupun tidak bersayap, ukuran besar ataupun lebar. Namun perlu diketahui jika ada beberapa alat bantu saat wanita mengalami menstrulasi. Berikut 4 alat pembantu pada wanita saat mengalami menstrulasi: 



1. Pembalut


Sumber: Google Image

Bagi orang indonesia pembalut tidaklah asing lagi di telinga mereka. Untuk mendapatkannyapun terbilang sangat mudah, karena disetiap toko ataupun warung menyediakan berbagai jenis pembalut. Penggunaannya pun sangat mudah dengan sekali pakai lalu dibuang. Namun, menurut beberapa instansi mengatakan jika tak semua pembalut aman untuk digunakan.



2. Menstrual Cup

Sumber: Google Image

Produk Menstrual Cup diciptakan guna keamanan dan kenyamanan para wanita, bentuknya yang seperti corong dan terbuat dari karet silikon sangat membuat nyaman bila digunakan. Fungsinya untuk menampung darah yang keluar dan mengantisipasi darah yang tembus dan basah. Menstrual Cup dapat digunakan selama 8 jam, namun darah yang ditampung tidak bisa dengan sembarangan dibuang, harus dicuci bersih terlebih dahulu agar steril dan mencegah infeksi pada miss V pada wanita.


3. Tampon

Sumber: Google Image

Jenis alat bantu menstrulasi yang satu ini lebih banyak dipakai di luar negeri. bahkan beberapa alatnya dilengkapi dengan gel serta obat anti keram saat menstrulasi. Cara penggunaannya dengan menaruh tampon di dalam Miss V dekat dengan mulut rahim. Penggunaan benda ini sangat mudah karena tidak menghambat aktivitasmu sehari-hari. Bentuknya yang tak terlihat dari luar serta berbahan sama dengan pembalut menjadikan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya. Namum perlu diketahui Tampon juga berbahaya bagi rahim karena berbahan sama seperti pembalit.


4. Menstrual Pad 


Sumber: Google Image

Jenis alat bantu menstrulasi yang satu ini, bisa dipakai berulang-ulang serta bisa dicuci. Karena Menstrual Pad berbahan kain lembut dengan lapisan bagian luar polyester sehingga kecenderungan untuk tembus tidak akan terjadi. Menstrual Pad ini juga dilengkapi kancing supaya lebih kuat. Menstrual Pad berbentuk sama seperti pembalut wanita pada umumnya, penggunaannya juga lebih aman dan ramah lingkungan. Namun lebih ribet saat pembersihannya karena harus dicuci dengan baik agar tidak menimbulkan kuman. Harganya juga jauh lebih mahal daripada pembalut wanita pada umumnya.


Nah setelah membaca penjelasan diatas kira-kira kamu bakalan milih yang mana?

0 komentar:

Post a Comment