Saturday, February 6, 2016

Warren Buffet

BY biophia@gmail.com IN No comments

Warren Buffet
Orang Terkaya Pada Tahun 2008 Versi majalah Forbes, Dengan Nilai kekayaan 62 Triliyun Dollar

"Kunci bagi keberhasilan investasi adalah membeli saham yang bagus kala pasar memberikan potongan harga dari nilai biisnis yang sebenarnya"

Warren Buffet dikenal sebagai investor yang punya nyali besar. Di saat orang lain takut memilih dan membeli sebuah saham karena pasar bursa sedang goyah, Buffet justru sebaliknya. Ia tahu mana saham "Sampah" yang harus dihindari mana saham "Emas" yang mesti dibeli, sekalipun nilainya di pasaran sedang anjlok. kenyataanya, harga saham-saham yang dibeli Buffet itu kemudian menguat dan memberikan keuntungan berlipat baginya, jelas, nyali besar Buffet tidak semata-mata muncul begitu saja. Melainkan karena ketajaman analisis dan kecermatan berhitungnya. Dan itu semua didasari sikap Buffet yang berpikir beda dari para pemain saham lainnya. 

Pelajaran yang bisa dipetik dari buffet bukanlah sekedar awal kesuksesannya membei sejumlah saham, tapi jauh lebih penting dari itu. Kita bisa melihat, bahwa tanpa perhitungan cermat. Buffet jelas tidak akan berani mengambil tindakan yang dihindari banyak orang; membeli saham yang nilainya sedang terpuruk. Buffet melakukan sesuatu karena dia tahu betul apa yang dia lakukan. Ibarat kata, sebelum terjun berperang. Buffet sudah menguasai medan terlebih dahulu, dia tau kapan harus menyerang dan kapan harus menahan pertemppuran.

Tidak salah jika kita belajar soal keberanian dari Buffet. Ini penting, karena tanpa keberanian yang diambil tanpa perhitungan cermat, bahkan di dasari sikap asal-asalan, hanya akan berujung pada kegagalan besar.

0 komentar:

Post a Comment